Translate

Sabtu, 21 Mei 2016

BELAS KASIH DAN KEBAJIKAN PERTANDA KEMAJUAN SPIRITUAL

BELAS KASIH DAN KEBAJIKAN PERTANDA KEMAJUAN SPIRITUAL

Pertanda adanya kemajuan spiritual bukanlah seberapa banyak kita mengetahui isi sastra suci, atau hafal banyak mantra dan mudra, atau banyak pura yang sudah kita jelajahi, atau banyak punya pengikut, atau tingkat kehebatan kesiddhian [kekuatan supranatural], atau posisi jabatan kita sebagai pemuka agama.
Satu-satunya pertanda kemajuan spiritual adalah hati yang penuh belas kasih, tindakan yang penuh kebajikan dan pikiran tenang-seimbang yang bebas dari penilaian [penghakiman]. Karena inilah satu-satunya pertanda yang terkait dengan tingkat kesadaran yang tinggi pada setiap mahluk.
Bagi orang kebanyakan, munculnya masalah, kesulitan, kesengsaraan dalam kehidupan seringkali dipandang sebagai cobaan atau hukuman Tuhan. Dan munculnya godaan-godaan duniawi dalam kehidupan seringkali dipandang sebagai godaan setan yang harus diperangi. Sehingga banyak orang yang melarikan diri dari hal seperti ini, untuk kemudian larut dalam kemarahan, kesedihan ataupun kecemasan.
Sedangkan bagi para sadhaka di jalan dharma yang mendalam, jika dalam kehidupan banyak muncul masalah, kesulitan, kesengsaraan, ataupun muncul godaan-godaan duniawi, hal itu merupakan pertanda adanya kehadiran Sadguru yang dengan penuh belas kasih sedang membimbing sang sadhaka menuju jalan suci.
Karena di tingkat-tingkat awal ego atau keakuan [ahamkara] sedang dihancurkan habis-habisan. Kadang bahkan dengan cara yang sangat menyakitkan, hanya agar ego dan keakuan terus menerus mengecil.
Ego yang besar sering diibaratkan seseorang yang hanyut dibawa arus sungai pikiran dan perasaan. Pilihannya ada di tangan kita sendiri, apakah kehidupan membawa kita menjadi marah, sedih atau cemas, ataukah membawa kita berkonsentrasi menuju jalan suci yang terang. Caranya dengan tekun melaksanakan sadhana dharma agar kesadaran kita semakin menguat dari hari ke hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar