Translate

Selasa, 20 Oktober 2015

Garis waktu masa awal hingga tarikh masehi



Masa awal hingga tarikh masehi beberapa sumber menyebutkan kelahiran buddha pada 563 SM dan yang lain 624 SM; negara-negara buddhis theravada cenderung menggunakan waktu yang belakangan. Hal ini membuat semua tahun pada daftar dibawah ini mundur sekitar 61 tahun. Lihat theravada buddhism.

Juga terdapat kontroversi mengenai tanggal awal era buddhis, dengan 544 SM dan 483 SM yang diajukan sebagai saat pencapaian parinibbana buddha. Seperti yang dikemukakan oleh wilhelm geiger, menurut catatan sejarah sri langka, dipavamsa dan mahavamsa merupakan sumber utama dari kronologi asia selatan kuno; mereka memberikan tanggal penyucian ( abhiseka ) asoka hingga 218 tahun setelah parinibbana. Chandragupta maurya naik tahta 56 tahun sebelumnya, atau 162 tahun sebelumnya, atau 162 tahun setelah parinibbana. Jadi, perkiraan tanggal naik tahtanya chandragupta diketahui dalam dua tahun sejak 321 SM ( dari megasthenes ). Oleh karena itu, perkiraan waktu parinibban berkisar antara 485 dan 481 SM - jadi cocok benar penetapan tanggal dari tradisi mahayana yakni tahun 483 SM.

Perbedaan antara dua perhitungan waktu ini sepertinya terjadi pada masa antara pemerintahan raja sri langka udaya lll ( 946 - 954 atau 1007 - 1015 ) dan parakkama pandya ( c. 1046 - 1048 ), ketika terjadi pergolakan dinegara itu.

• 563 SM : sidharta gautama, yang kelak menjadi sang buddha, dilahirkan dilumbini dalam sebuah keluarga kerajaan direpublik sakya, sekarang merupakan bagian dari nepal.

• 534 SM : pangeran sidharta keluar dari istana untuk pertama kali dan melihat empat penampakan : seorang tua, orang sakit, mayat dan pertapa. Ia terkejut oleh ketiga hal pertama, ia tidak mengetahui apa itu usia, penyakit dan kematian, tetapi terinspirasi oleh orang pertapa sehingga ia menyerahkan seluruh kekayaannya dan kemewahannya. Ia meninggalkan istananya dan tinggal dihutan bersama pertapa. Akan tetapi, ia menginginkan sesuatu dari pada itu sehingga ia menjadi seorang guru ajaran.

• 528 SM : sidharta gautama mencapai pencerahan di buddha gaya ( sekarang dikenal dengan nama bodhygaya ), kemudian berkelana menuju ke taman rusa di sarnath ( dekat varanasi ), india, dan mulai mengajarkan dhamma.

• 528 SM : menurut legenda, tapassu dan balluka, dua pedagang bersaudara dari okkala ( sekarang dikenal dengan nama yangon ), mempersembahkan hidangan pertama kepada siddharta gautama sebagai buddha yang tercerahkan. Sang buddha memberikan delapan helai rambutnya kepada dua bersaudara tersebut; helai rambut tersebut dibawa kembali ke myanmar dan disemayamkan di pagoda pagoda shwedagon. Oleh karenanya, menurut mitos, tahun tersebut merupakan waktu pendirian pagoda shwedagon.

• 490-410 SM : masa hidup sang buddha, menurut penelitian terkini.

• 483 SM : gaotama buddha meninggal dunia ( mencapai parinibbana ) dikusinara, india. Tiga bulan setelah parinibbanya, sidang agung pertama diadakan.

• 383 SM : sidang agung kedua diadakan oleh raja kalasoka di vaisali.

• 250 SM : sidang agung ketiga, diadakan oleh asoka yang agung dan didampingi oleh monggaliputta tissa, menyusun kathavatthu untuk menyanggah pandangan-pandangan dan teori-teori lain yang dianut oleh beberapa sekte buddhis. Raja asoka mengeluarkan maklumat mengenai kerajaan untuk mendukung agama buddha.

• 250 SM : raja asoka yang agung mengirimkan beragam misionaris buddhis ke negara-negara jauh, sejauh cina dan mon dan kerajaan melayu ditimur dan kerajaan-kerajaan helenestik dibarat, guna memperkenalkan agama buddha.

• abad ke 3 SM : pedagang-pedagang india secara teratur mengunjungi pelabuhan di arabia, menjelaskan luasnya pemakaian nama tempat di wilayah itu dengan asal usul india atau budhis; contoh bahar ( dari bahasa sansekerta vihara, sebuah kuil buddhis ). Para biarawan buddhis utusan asoka membawa ajaran agama buddha ke suwannaphum, yang lokasinya masih diperselisihkan. Dipavamsa dan orang mon percaya bahwa tempat itu merupakan pemukiman bahari ditempat yang dikenal sekarang dengan nama birma.

• 220 SM : buddhisme theravada secara resmi diperkenalkan di sri langka oleh yang mulia mahinda, anak raja asoka dari india dimasa kekuasaan raja devanampiya tissa.

• 185 SM : jendral brahmana pusyamitra sunga menggulingkan dinasti maurya dan mendirikan dinasti sunga, dan tampaknya memulai gelombang penganiyaan terhadap agama buddha.

• 180 SM : raja yunani baktria demetrius menyerang india hingga pataliputra dan mendirikan kerajaan indo-yunani ( 180-10 SM ); pada masa ini agama buddha berkembang.

• 150 SM : raja indo-yunani menander memeluk agama buddha dibimbing oleh seorang bijaksana bernama nagasena, menurut laporan milinda panha.

• 120 SM : kaisar cina han wudi ( 156-87  SM ) menerima dua patung emas buddha, menurut prasasti-prasasti di gua mogao dunhuang.

Notes :
• abad ke 1 SM : gubernur indo-yunani theodorus menyemayamkan relikui sang buddha, mendedikasikan kepada "yang mulia shakyamuni" yang didewakan.

• 29 SM : menurut catatan sejarah srilanka, kanon bahasa pali ditulis pada masa pemerintahan raja vannagamini ( 29-17 SM )

• 2 SM : hou hansu mencatat kunjungan yuezhi pada tahun 2 M ke ibukota cina, yang memberikan pengajaran lisan akan sutra-sutra agama buddha.

• 65 M : dukungan liu ying akan agama buddha merupakan tindakan tercatat pertama akan praktek pelaksanaan buddhis di cina.

• 67 M : agama buddha masuk ke cina berkat upaya dua orang bhikkhu kasyapa dan dharmaraksha.

• 68 M : buddhisme secara resmi berdiri di cina dengan penemuan kuil kuda putih ( white horse temple ).

• 78 M : ban chao, seorang jendral cina, menundukkan kerajaan buddhis khotan.

• 78-101 M : menurut tradisi mahayana, sidang agung keempat mengambil tempat dibawah kekuasaan raja kanishka, dekat jalandar, india.

• 116 M : warga kushan, dibawah pimpinan kanishka, mendirikan kerajaan yang berpusat di kashgar, juga mengambil kuasa atas khotan dan yarkand sebelumnya merupakan tanah jajahan cina di tarim basin, sekarang dikenal dengan nama : xinjiang.

• 148 M : an shigao, seorang pangeran parthia dan bhikkhu buddhis, tiba di cina dan melanjutkan pembuatan terjemahan pertama naskah theravada ke dalam bahasa tionghoa.

• 178 M : seorang bhikkhu kushan, lokasema berkunjung ke ibukota cina, loyang dan menjadi penerjemah pertama naskah mahayana ke bahasa tionghoa yang dikenal.

• abad ke 2 / abad ke 3 : penganut agama buddha asal india dan asia tengah berkunjung ke vietnam.

• abad ke 3 : penggunaan naskah kharonnhi di gandhara terhenti.

• abad ke 3 dan abad ke 4 : naskah kharonnhi digunakan di kota-kota diselatan jalur sutra yakni khotan dan niya.

• 296 M : naskah buddhis dalam bahasa tionghoa yang paling awal, bertanggal tahun ini ( zhu fo ji jing, ditemukan di dalian akhir tahun 2005 ).

• abad ke 4 : dua orang bhikkhu dari cina membawa naskah-naskah ke kerajaan goguryeo, korea dan mendirikan pembuatan kertas di korea.

• 320-467 M : sebuah universitas di nalada mendukung 3.000-10.000 bhikkhu.

• 399-414 M : fa xian melakukan perjalanan dari cina ke india, kemudian kembali menerjemahkan karya-karya buddhis ke dalam bahasa tionghoa.

• abad ke 5 : kerajaan funan ( sekarang berlokasi dikamboja ) mulai menganjurkan buddhisme dalam rangka penggantian dari hinduisme. Bukti awal mengenai buddhisme dimyanmar ( catatan berbahasa pali ). Bukti awal akan buddhisme di indonesia ( patung ). Penafsiran ulang awal akan naskah-naskah berbahasa pali. Stupa di dambulla, ( sri lanka ) dibangun.

• 402 M : atas permintaan yao xing, kumarajiva berkunjung ke changan dan menerjemahkan banyak naskah buddhis dalam bahasa tionghoa.

• 403 M : di cina, hui yuan berpendapat bahwa bhikkhu buddhis seharusnya dikecualikan dari tindakan menghormat kepada raja.

• 405 M : yao xing menghormati kumarajiva.

• 425 M : agama buddha mencapai sumatera.

• 464 M : buddhabhadra tiba di cina untuk menyampaikan ajaran agama buddha.

• 495 M : kuil shaolin di bangun atas nama buddhabhadra, atas maklumat oleh raja wei xiao wen.

• 485 M : lima bhikkhu dari gandhara berkunjung ke fusang ( jepang, atau mungkin benua amerika ), dimana mereka memperkenalkan agama buddha.

• abad ke 6 : pengikut zen masuk ke vietnam dari cina. Cerita jataka diterjemahkan dari persia melalui perintah dari raja zoroastiran, khosrau 1 dari persia.

• 527 M : bodhidharma menetap dikuil shaolin provinsi henan cina.

• 552 M : agama buddha diperkenalkan di jepang melalui baekje ( korea ), menurut nihonshoki; beberapa pelajar menempatkan peristiwa ini pada tahun 538 M.

• awal abad ke 7 : jingwan mulai memahat sutra-sutra ke batu di fangshan, yuzhou, 75 km barat daya dari kota yang sekarang ini dikenal dengan nama beijing.

• 607 M : utusan kerajaan jepang diutus ke dinasti sui di cina guna mendapatkan salinan sutra-sutra.

• abad ke 7 : xuen zang berkunjung ke india, memperhatikan penganiaan umat buddha oleh sasanka ( raja gouda, negara bagian di barat laut bengal ) sebelum kembali ke chang an di cina guna menerjemahkan naskah-naskah buddhis di sindh. Raja songsten gampo dari tibet mengirimkan utusan ke india untuk mendapatkan naskah-naskah buddhist. Catatan terakhir yang menggunakan aksara kharonnhi diantara komunitas buddhis sekitar kucha.

• 671 M : peziarah buddhist yang berasal dari cina, yi jing, berkunjung ke palembang, ibukota dari sebagian kerajaan buddhis sriwijaya dipulau sumatra, indonesia dan mencatat sejumlah 1000 bhikkhu yang menetap. Uisang kembali ke korea setelah mempelajari buddhisme huayan cina dan mendirikan kelompok hwaeom.

• 736 M : huayan dikirim ke jepang melalui korea, ketika roben mengundang bhikkhu hwaeom korea simsang untuk menyampaikan pelajaran dan secara resmi mendirikan tradisi kegon jepang dikuil todaiji.

• 743-754 M : bhikkhu cina jianzhen berusaha untuk mencapai jepang sebelas kali, berhasil pada tahun 754 untuk mendirikan kelompok ritsu jepang, yang khusus mempelajari vinaya ( peraturan biara ).

• abad ke 8 : cerita jataka buddhis diterjemahkan kedalam bahasa suriah dan bahasa arab sebagai kalilag dan damnag. Sebuah catatan dalam kehidupan sang buddha diterjemahkan ke dalam bahasa yunani oleh john dari damascus dan secara luas disebarkan ke umat kristen sebagai cerita akan barlaam dan josaphat. Hingga abad ke 14, cerita mengenai josaphat menjadi sangat terkenal sehingga menjadikannya sebagai seorang santo katolik.

• abad ke 8 : dibawah kekuasaan raja trisong deutsen, padmasambhava berkunjung dari afganistan untuk mendirikan buddhisme tantrik ditibet ( yang kemudian dikenal dengan sebutan kelompok buddhisme tibet nyingma ), menggantikan agama utama kerajaan bonpo. Buddhisme dengan cepat berkembang ke sikkim dan bhutan.

• 760 M : pembangunan candi borobudur dimulai, bangunan terkenal di indonesia, mungkin sebagai tempat suci non-buddhis. Bangunan ini diselesaikan sebagai monumen buddhis pada tahun 830 M, setelah pekerjaan selama 50 tahun.

• 804 M : dibawah kekuasaan raja kammu dari jepang, rombongan empat kapal berlayar dari china. Dari dua kapal tiba, satu kapal yang ditumpangi oleh bhikkhu kukai yang baru-baru ini diberikan gelas oleh pemerintahan jepang sebagai seorang bhikkhu yang menyerap ajaran vajrayana di chang'an dan kembali ke jepang untuk mendirikan kelompok shingon. Kapal lain yang ditumpangi oleh bhikkhu saicho, yang kembali ke jepang untuk mendirikan kelompok tendai, sebagian berdasarkan tradisi tientai cina.

• 838-847 M : enin, seorang pendeta dari kelompok tendai, berkunjung ke cina selama sembilan tahun. Ia mencapai baik gunung umat buddha yang terkenal, wutaishan dan ibukota cina, chang'an, menyimpan catatan harian terperinci yang pada sumber utama atas periode ini dari sejarah cina, termasuk penganiaan umat buddhis.

• 841-846 M : raja wuzong dari dinasti tang ( nama yang diberikan : li yan ) berkuasa di cina; ia salah satu dari tiga raja cina yang melarang agama buddha. Dari tahun 843-545, wuzong menjalankan penganiaan anti umat buddha, yang secara tetap melemahkan struktur institusi buddhisme dicina.

• abad ke 9 : tibet: penurunan dalam buddhisme; penganiayaan oleh raja langdarma.

• abad ke 10 : pembangunan kuil buddhis di bagan, nyanmar dimulai. Ditibet, kebangkitan buddhisme yang kuat dimulai. Kelompok caodong dari zen didirikan oleh dongshan liangjie dan para pengikutnya di selatan cina.

• 971 M : dinasti song cina memerintah pemahat chengdu untuk mengukir seluruh kanon buddhis guna penyetakan. Karya ini diselesaikan pada 983 M; sejumlah total 130.000 blok telah dihasilkan.

• 991 M : sebuah salinan kanon buddhis dari era dinasti song tiba dikorea, hal ini mengesankan pemerintah.

• abad ke 11 : marpa, konchog gyalpo, atisha, dan lainnya memperkenalkan silsilah sarma ke tibet.

• 1009 M : dinasti ly dari vietnam dimulai, yang sebagian dibawa oleh sebuah persekutuan kerahiban buddhis. Raja ly melindungi buddhisme mahayan, sebagai tambahan atas semangat tradisional.

• 1010 M : korea memulai pemahatan edisi balok kayu cetak atas kanon buddhis. Tanggal penyelesaian tidak diketahui; kanon secara berkesinambungan berkembang, dengan ditambahkan naskah-naskah baru dari cina.

• 1017 M : di asia tenggara, dan secara khusus sri lanka, urutan bhikkhuni ( bhikkhu wanita ) terhenti karena invasi. Garis silsilah bhikkhu di srilanka kemudian dihidupkan kembali dengan para bhikkhu dari burma.

• 1025 M : sriwijaya, sebuah kerajaan buddhis yang berbasis di sumatera, diserang oleh kerajaan chola dari selatan india; kerajaan ini bertahan, tetapi kepentingannya mulai berkurang. Segera setelah penyerangan, pusat pemerintahan kerajaan berpindah ke arah utara dari palembang ke jambi-melayu.

• 1044-1077 M : di burma, raja pertama pagan, anoratha berkuasa. Ia mengubah agama negara menjadi buddhisme theravada dengan bantuan bhikkhu-bhikkhu dan buku-buku di sri lanka. Ia juga dikatakan telah beralih agama ke buddhisme theravada oleh seorang bhikkhu mon.

• 1057 M : anawrahta dari myanmar menangkap thaton di utara thailand, memperkuat buddhisme theravada di negara.

• 1063 M : sebuah salinan kanon khitan tiba di korea dari china.

• 1070 M : para bhikkhu dari pagan tiba di polonnaruwa, sri lanka untuk menegaskan kembali garis penahbisan theravada.

• 1084-1113 M : di myanmar, raja kedua pagan, kyanzittha ( putra anawrahta ), berkuasa. Ia merampungkan pembangunan pagoda shwezigon, sebuah tempat pemujaan untuk relik sang buddha, termasuk sebuah gigi yang dibawa dari sri lanka. Beragam prasasti mencatat bahwa ia merupakan inkarnasi dari vishnu, chakravartin, seorang bodhisattva, dan dharmaraja.

• abad ke 12 : bahasa sansekerta ini kemudian ditulis dalam devanagari.

• 1100-1125 M : raja huizong berkuasa selama pemerintahan dinasti song cina dan melarang agama buddha guna mempromosikan tao. Ia merupakan satu dari tiga raja cina yang melarang agama buddha.

• 1113 M : alaungsithu bertahta di pagan, myanmar sampai kepada saat narathu, putranya, membunuhnya dengan cara mencekik dan mengambil alih kekuasaannya.

• 1133-1212 M : honen mendirikan buddhisme tanah murni sebagai sekte independen di jepang.

• 1164 M : polonnaruwa, sri langka dihancurkan oleh serbuan pihak asing. Dengan panduan dari dua bhikkhu hutan- mahakassapa dan sariputta, parakramabahu 1 menyatukan kembali para bhikkhu ke dalam sekte mahavihara.

• 1181 M : jayavarman VII , seorang bodhisattva, pengikut setia buddhisme mahayana ( walau ia juga melindungi hinduisme ), mengambil kendali kerajaan khmer. Ia membangun bayon, bangunan buddhis yang paling terkemuka di komplek kuil angkor. Hal ini menyatukan tahapan peralihan lanjutan masyarakat khmer ke buddhisme theravada.

• 1190 M : di myanmar, keturunan anawrahta berhasil mengambil alih kendali dengan bantuan sri lanka. Pagan telah berada dalam keadaan anarki. Rezim yang baru membentuk kembali buddhisme myanmar ke bentuk theravada di sri lanka.

• 1236 M : bhikkhu-bhikkhu dari kancipuram, india, tiba di sri lanka guna menghidupkan kembali silsilah penahbisan theravada.

• akhir abad ke 12 : pusat pendidikan buddhis terbesar di nalada, india, ( pusat agama buddha ) dimana subyek diajarkan. Subyek seperti buddhisme, logika, filsafat, hukum, kedokteran, tatabahasa, yoga, matematika, alkemis, dan astrologi, dihancurkan, dijarah dan dibakar oleh penyerbu islam. Nalada didukung oleh raja-raja dari beberapa dinasti dan berfungsi sebagai pusat pengajaran internasional yang besar.

• abad ke 13 : theravada melampaui mahayana- sebelumnya dijalani sejajar dengan hinduisme- sebagai bentuk dominan akan agama buddha di kamboja; perubahan ini dipengaruhi oleh sri lanka. Dipersia, seorang sejarahwan rashid-al-din hamadani mencatat sekitar sebelas naskah buddhis yang beredar dalam terjemahan arab, diantaranya dikenali sebagai sukhavait-vyuha dan karanda-vyuha. Bagian dari samyutta dan angguttara nikaya, beserta bagian dari maitreya-vyakaran, juga dikenali dalam kumpulan ini.

• 1222 M : kelahiran nichiren daishonin ( 1222-1282 ), pendiri buddhisme nichiren yang berasal dari jepang.

• 1238 M : kerajaan thailand, sukhothai didirikan, dengan buddhisme theravada sebagai agama negara.

• 1227 M : dong zenji mengambil kelompok caodong zen dari cina ke jepang sebagai sekte soto.

• 1244 M : kuil dan biara eiheiji soto zen didirikan oleh dogen zenji.

• 1277 M : kekaisaran pagan, myanmar di myanmar mulai pecah setelah kekalahannya oleh kublai khan pada peperangan ngasaunggyan, di yunnan, dekat perbatasan cina.

• 1258 M : arghun menjadikan ll khanate sebagai negara buddhis.

• 1287 M : kerajaan theravada di pagan, myanmar jatuh ke tangan bangsa mongol dan dibayang-bayangi oleh ibukota shan di ava.

• 1279-1298 M : penguasa ketiga dan paling terkenal sukhothai, ram khamhaeng ( rama yang tegas ), berkuasa dan menjadikan laos sebagai pengikut, thailand yang lebih modern, pegu ( birma ) dan sebagian peninsula malaysia, yang membangkitkan tradisi artistik sukhothai. Setelah kematian ram khamhaeng, sukhothai kehilangan kendali atas wilayahnya dan pengikutnya menjadi independen.

• 1259 M : pemimpin mongolia, ghazan khan beralih agama ke islam, mengakhiri garis silsilah kepemimpinan buddhis tantrik.

• 1305-1316 M : umat buddha dipersia berusaha untuk mengubah agama uldjaitu khan.

• 1321 M : kuil dan biara sojiji soto zen didirikan oleh keizan zanji.

• 1351 M : di thailand, u thong, kemungkinan merupakan putra dari keluarga pendatang cina, mendirikan ayutthaya sebagai ibukotanya dan memberi nama ramathibodi.

• 1391-1474 M : gyalwa gendun drubpa, dalai lama pertama di tibet.

• 1405-1431 M : seorang laksamana kasim cina, zheng he membuat tujuh perjalanan dalam periode ini, melalui asia tenggara, india dan teluk persia, afrika timur, dan mesir. Pada waktu itu, buddhisme sudah berdiri kokoh di cina, sehingga penggunjung pasti akan mendapatkan pengalaman akan buddhisme cina.

• 1578 M : altan khan dari tumed memberikan gelar dalai lama kepada sonam gyatso ( yang kemudian dikenal sebagai dalai lama ketiga ).

• abad ke 17 & abad ke 18 : ketika vietnam terbagi pada periode ini, penguasa-penguasa nguyen dari selatan mendukung buddhisme mahayana sebagai ideologi integratif untuk masyarakat dengan beragam suku bangsa dari kerajaannya, yang juga didiami oleh champa dan minoritas lain.

• 1614 M : keluarga toyotomi membangun kembali gambaran agung sang buddha dikuil hokoji di kyoto.

• 1615 M : suku bangsa mongol, oirat beralih agama ke kelompok geluk dari buddhisme tibetan.

• 1635 M : di zanabazar, jebtsundamba khutughu pertama lahir sebagai cicit dari abadai khan dari khalkha.

• 1642 M : guushi khan dari khoshuud menyerahkan kedaulatan tibet ke dalai lama ke lima.

• 1753 M : sri lanka menyatakan kembali ordinasi bhikkhu dari thailand- silsilah siyam nikaya.

• 1766-1767 M : di thailand, banyak naskah-naskah buddhis dihancurkan karena aksi penyerbuan burma ke ayutthaya.

• abad ke 19 : di thailand, raja mongkut- dirinya merupakan bekas bhikkhu- memimpin kampanye guna reformasi dan modernisasi kebhikkhuan, sebuah gerakan yang terus berlangsung hingga abad sekarang dibawah inspirasi dari beberapa bhikkhu pertapa dari wilayah timur laut.

• 1802-1820 M : nguyen anh sampai ke tahta dari persatuan vietnam yang pertama; ia berhasil menghentikan pemberontakan tayson diselatan vietnam dengan bantuan rama l di bangkok, kemudian mengambil alih bagian utara dari kelompok trinh. Setelah menduduki kuasa, ia menciptakan keadaan konfusians kuno dan berkeinginan untuk membatasi pengaruh persaingan dengan buddhisme.

• 1820-1841 M : ming mang berkuasa atas vietnam, selanjutnya membatasi buddhisme. Ia menegaskan bahwa seluruh bhikkhu harus ditugaskan di sekitar serambi dan membawa dokumen identifikasi. Ia juga menempatkan batasan baru akan materi cetak dan memulai penganiayaan misionaris katolik dan beralih agama sedangkan penerusnya terus berlanjut.

• 1860 M : di sri lanka, bertentangan dengan seluruh harapan, monastik dan komunitas awam membawa pembaharuan besar dalam buddhisme, sebuah gerakan yang langsung bersamaan dengan pertumbuhan nasionalisme; pembaharuan ini mengikuti sebuah periode penganiayaan oleh kekuatan-kekuatan asing. Sejak itu, buddhisme berkembang, dan bhikkhu sri lanka dan masyarakat awam pendatang berperan penting dalam penyebaran buddhisme theravada di asia, barat dan bahkan afrika.

• 1879 M : sebuah dewan dibentuk dibawah perlindungan raja mindon min dari myanmar guna menyunting kanon pali. Raja memiliki 729 batu yang berukirkan naskah-naskah, yang kemudian berdiri tegak dilantai sebuah biara dekat mandalay.

• 1882 M : kuil giok buddha didirikan di shanghai, cina, dengan dua buah patung buddha yang terbuat dari giok yang diimpor dari myanmar.

• 1884 M : u dhammaloka kelahiran irlandia ditahbiskan di birma; orang pertama yang dinamai tetapi bukan orang barat pertama yang menjadi bhikkhu.

• 1893 M : parlemen agama-agama dunia bertemu di chicago; dihadiri juga oleh anagarika dharmapala dan soyen shaku.

• 1896 M : menggunakan catatan-catatan fa xian, arkeolog nepal menemukan kembali pilar agung asoka di lumbini.

• 1899 M : gordon douglas ditahbiskan di myanmar; sampai sekarang ini diperkirakan merupakan orang barat pertama yang ditahbiskan dalam tradisi theravada.

• 1908 M : charles henry allan bennett seorang warga negara britania raya yang sebelumnya ditahbiskan sebagai bhikkhu ananda metteya di burma memimpin misi buddhis pertama di barat.

• 1911 M : u dhammaloka mencoba menghasut penentang missionaris kristen di myanmar.

• 1922 M : misi zenshuji soto didirikan sebagai kuil soto zen pertama di amerika utara.

• 1930 M : soka gakkai didirikan di jepang.

• 1949 M : kuil mahabodhi di body gaya dikembalikan sebagian kepada kendali buddhis.

• 1950 M : persahabatan buddhis dunia didirikan di colombo, sri lanka.

• 1954 M : sidang agung keenam dilaksanakan di yangon, myanmar, yang diorganisir oleh u nu. Berakhir bersamaan dengan peringatan 2.500 tahun wafatnya buddha.

• 1956 M : seorang dalit dari india, b.r. ambedkar beralih ke agama buddha, dengan lebih dari 350.000 pengikut- awal dari gerakan noe-buddhis modern.

• 1956 M : masyarakat pembelajaran zen didirikan di new york guna mendukung karya d.t. suzuki.

• 1957 M : gua-gua dekat puncak gunung pai-tai, distrik fangshan, barat daya beijing, dibuka kembali, menampilkan ribuan sutra-sutra buddhis yang telah dipahat di batu sejak abad ke 7. Tujuh satuan cetakan terbuat, dan batu-batu tersebut diberikan nomor, dalam proses pengerjaan hingga tahun 1959.

• 1959 M : dalai lama ke 14 melarikan diri dari tibet disebabkan oleh kerusuhan dan mendirikan komunitas dalam pelarian di india. Biara-biara yang ikut berpartisipasi dalam atau menjadi tempat perlindungan para partisan kekerasan, dirusak dan dihancurkan dalam perselisihan.

• 1962 M : asosiasi dunia dharma buddhis didirikan oleh guru tipitaka, shramana hsuan hua, yang kemudian mendirikan kota puluhan ribu buddha dan menahbiskan lima bhikkhu dan bhikkhuni amerika yang ditahbiskan penuh, pertama kalinya.

• 1962 M : san fransisco zen center didirikan oleh shunryu suzuki.

• 1963 M : thich quang duc mengorbankan dirinya sebagai bentuk protes penindasan agama buddha oleh ngo dinh diem.

• 1965 M : pemerintahan birma menahan lebih dari 700 bhikkhu di hmawbi, dekat rangoon, karena menolak menerima peraturan pemerintah.

• 1966 M : world buddhist sangha council diselenggarakan oleh umat theravada di sri lanka dengan harapan untuk menjembatani perbedaan dan bekerja bersama-sama. Pertemuan pertama yang dihadiri oleh para bhikkhu terkemuka dari berbagai negara dan sekte, mahayana dan juga theravada. Sembilan point dasar pemersatu theravada dan mahayana yang ditulis oleh ym. Walpola rahula disetujui dengan suara bulat.

• 1968 M : shurangama sutra dan shurangama mantra diajarkan untuk pertama kalinya dibarat ( san fransisco ) oleh master tipitaka shramana, hsuan hua selama retret 90 hari. Lima bhikkhu dan bhikkhuni pertama ditahbiskan dalam tradisi cina termasuk bhikkhuni amerika tertua masih dengan jubah heng chr.

• 1970 M : badan arkeologi indonesia dan unesco melakukan restorasi borobudur.

• 1974 M : wat pah nanachat, biara pertama yang didedikasikan untuk menyediakan pelatihan dan dukungan kepada bhikkhu buddhis barat, didirikan di thailand oleh ym. Ajahn chah. Bhikkhu yang dilatih disini nantinya akan mendirikan biara-biara cabang diseluruh negara.

• 1974 M : the naropa institute didirikan di boulder, colorado.

• 1974 M : diburma, selama demonstrasi u thant, 600 bhikkhu ditahan dan beberapa diantaranya disangkur oleh kekuatan pemerintah.

• 1975 M : penguasa-penguasa komunitas lao berusaha untuk merubah prilaku terhadap agama secara khusus, meminta para bhikkhu untuk bekerja, bukan meminta-minta. Hal ini menyebabkan banyak yang kembali menjadi masyarakat awam., tetapi agama buddha tetap populer.

• 1975 M : insight meditation society didirikan di barre, massachusetts.

• 1957-1979 M : komunitas kamboja dibawah pol pot berusaha untuk menghancurkan agama buddha seutuhnya, dan hampir mendekati keberhasilan. Pada saat penyerbuan vietnam di kamboja pada tahun 1978, hampir seluruh bhikkhu dan intelektual agama telah dibunuh atau dihalau kedalam pengasingan, dan hampir seluruh kuil dan perpustakaan buddhis dihancurkan.

• 1976 M : bhikkhu heng sure dan heng chau, bhikkhu buddhis amerika pengikut ven. Tipitaka master hsuan hua, untuk tujuan perdamaian dunia, melakukan lebih dari enam ratus mil tiga langkah satu sembah ziarah dari los angeles hingga kota puluhan ribu buddha diwilayah mendocino, secara berulang-ulang melakukan tiga langkah dan satu sembah guna merangkum seluruh perjalanan. Dalam waktu 2,5 tahun yang dibutuhkan untuk melakukan untuk melakukan ziarah, shramana heng sure mengamati praktek keheningan.

• 1976 M : sehubungan dengan demonstrasi di burma, pemerintah berusaha untuk mendiskredit bhikkhu kritis la ba dengan memberikan pernyataan bahwa ia adalah seorang kanibal dan pembunuh.

• 1978 M : di myanmar, lebih banyak bhikkhu dan calon-calon bhikkhu ditangkap, dilepasjubahkan, dan ditahan oleh pemerintah. Biara-biara ditutup dan lahannya disita. Bhikkhu kritis u nayaka ditahan dan meninggal dunia, pemerintah menyatakan hal tersebut sebagai aksi bunuh diri.

• 1980 M : pemerintah militer myanmar menegaskan kekuasaan atas sangha, kekerasan terhadap para bhikkhu terus berlanjut sepanjang dekade.

• 1983 M : shanghai institute of buddhism didirikan di kuil buddha giok, dibawah asosiasi buddha shanghai.

• 1988 M : selama pemberontakan tahun 1988, pasukan badan perdamaian dan pengembangan negara bagian menembak jatuh para bhikkhu. Setelah pemberontakan, u nyanissara, seorang bhikkhu senior, merekam sebuah kaset mengenai diskusi tentang demokrasi dalam pandangan buddhis; kaset tersebut dilarang.

• 27 agustus 1990 : lebih dari 7000 bhikkhu bertemu di mandalay di myanmar, memanggil pemboikotan militer. Mereka menolak sumbangan dari keluarga militer atau melakukan pelayanan untuk mereka. Pemerintah militer merazia biara-biara dan menahan ratusan bhikkhu, termasuk bhikkhu senior u sumangala dan u yewata. Bhikkhu-bhikkhu ini menghadapi hukuman penjara yang panjang, dan seluruh bhikkhu yang ikut serta dalam pemboikotan dilepas jubahkan; beberapa bhikkhu disiksa selama interogasi.

• 1992 M : patung buddha di hyderabad, india diletakkan, sebuah karya dari mantan kepala menteri andhra pradesh, almarhum sri n.t. rama rao. Patung dengan tinggi 16 meter, 350 ton monolitik raksasa yang berdiri tinggi dari perairan indah dan tenang di danau husain sagar. Patung itu dibuat dari granit putih, diukir dengan baik dan berdiri tegak dengan agung di tengah danau. Patung itu kemudian disucikan oleh dalai lama.

• 1996 M : india: tata tertib dan silsilah bhikkhuni dibangkitkan kembali di sarnath, india melalui upaya sakyadita, sebuah asosiasi wanita buddhis international. Kebangkitan ini dilakukan dengan beberapa penolakan dari beberapa penafsiran yang lebih literal dari vinaya buddhis dan dipuji oleh bagian lain dari komunitas.

• 25 januari 1998 M : teroris liberation tigers of tamil eelam ( ltte ) melakukan serangan bunuh diri di wilayah suci buddhis yang juga merupakan sebuah pusat warisan dunia unesco : kuil sinhala, dimana relik gigi sang buddha diabadikan. Delapan warga sipil terbunuh dan 25 lainnya terluka dan kerusakan berarti terjadi pada bangunan kuil, bangunan yang pertama kali dibangun pada 1592 M.

• mei 2001 M : dua dari patung kuno buddha tertinggi, patung buddha bamiyan, seluruhnya dihancurkan oleh taliban di bamyan, afganistan.

• april 2004 M : di sri lanka, bhikkhu-bhikkhu buddhis sebagai kandidat untuk partai jaathika hela urumaya memenangkan pemilihan suara dan menduduki sembilan bangku.

• november 2006 M : di amerika serikat, dua umat buddha terpilih untuk pertama kalinya dalam kongres ke -110.

Referensi

1. The mahavamsa oe great chronicle of ceylon. Oxford university press ( for the pali text society ). Hml 300

2. Indology - the dating of the historical buddha : a review article

3. Baldev kumar ( 1973 ). Membutuhkan sumber yang tepat!

4. Kungfu history at easternmartialart.com

5. Canzonieri, salvatore ( february-march 1998 ). "History of chinese matrial arts : jin dynasty to the period of disunity". Han wei wushu 3 (9).

6. The art of shaolin kung fu: the secrets of kungfu for self-defense, healt and enlightenment by grandmaster wong kiew kit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar