Translate

Senin, 19 Oktober 2015

Karma yang terspesifikasi
(Katatta Karma)

Terlahir dineraka avici meskipun banyak perbuatan baik ( kusala kamma ).

~ Ratu malika yang merupakan permaisuri raja kosala disavatthi, melakukan perbuatan yang baik yang sangat banyak bersamaan dengan raja. Bahkan dia melakukan pengaturan kegiatan pindapatta ( memberi makan bhikkhu ). Yang sangat termasyur yang dilakukan oleh raja kepada buddha dan sangha ( pengikut buddha ).

Tetapi, sayangnya dia melakukan perbuatan asusila yang berarti. Pada suatu ketika, ketika dia sedang mandi, seekor anjing pergi kekamar tersebut dan dia melakukan asusila dengan anjing tersebut. Ketika dia keluar dari kamar mandi, anjing tersebut mengikutinya dan raja melihat hak tersebut pun menanyakannya. Dengan sangat berapi api dia berbohong kepada raja dengan mengatakan kepada raja bahwa raja mengalami gangguan penglihatan karena dia keluar sendirian. Raja tersebut mempercayai permaisurinta dan memaafkannya. Tetapi perbuatan asusila tersebut menghantui pikirannya.

Karena akusala kattata karma tersebut memerankan fungsi kelahiran kembali, dia harus menderita dineraka avici, neraka terdalam selama tujuh hari. Raja kosala mempercayai bahwa istrinya pasti lahir didalam surgawi. Tetapi untuk memastikan hal tersebut, dia pergi kevihara jetavana dan menanyakan kepada sang buddha, akan tetapi sang buddha dengan abhina ( kekuatan batin ) yang dimiliki membuat raja lupa akan pertanyaan yang akan diajukan, lalu raja tersebut pun mrmbicarakan hal yang lain dan pulang keistana. Pada hari berikutnya dia kembali mengunjungi jetavana untuk menanyakan dimana ratu malika dilahirkan dan sang buddha membuatnya lupa akan pertanyaan yang akan diajukan hari demi hari. Hingga hari kedelapan sang buddha membiarkan dia menanyakan pertanyaanya. Sang buddha mengatakan bahwa ratu malika kini berada disurga tusita. Ratu malika cukup beruntung karena hanya tujuh hari manusia dineraka avici. Dari sekian banyak perbuatan baik yang dia lakukan ( kusala kamma ), satu perbuatan baik ( kusala kamma ) yang sangat kuat menjadi karma penghancur yang menghancurkan akusala janaka karma yang mengkondisikan dia terlahir dialam neraka tersebut dan menghasilkan efek yang berakibat pada kelahirannya kembali disurga tusita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar